Untuk pengguna Photoshop yang kebetulan menggunakan komputer dengan fitur yang pas-pasan, tentulah harus cerdik untuk mengakali pemakaian software foto editing yang sudah kondang ini. Mungkin jika menggunakan photoshop versi-versi rendah menggunakan komputer biasa itu tidak masalah, tetapi kalau sudah menyentuh versi photoshop kelas atas, itu bakal jadi persoalan serius.

Pemborosan yang dilakukan Photoshop menghasilkan "harga" yang harus kita bayar. Meskipun diimbangi dengan hasil yang sangat bagus, namun sebenarnya kita tidak perlu sampai harus menghabiskan jutaan rupiah untuk mengupgrade komputer kita spek yang lebih canggih hanya utk mengadjust photoshop.

Kita mesti jeli, beberapa fitur yang tidak terlalu penting dari photoshop sebenarnya bisa kita buang. Salah satunya adalah plugin2 yang belum tentu kita ngerti mau kita pakai untuk apa. Ada lagi penyetelan memory di Photoshop yang sebenarnya dapat kita lakukan untuk optimasi kecepatan pemanggilan alias loading software ini.

Tapi tentunya apa yang saya ulaskan bisa membawa kepala anda sakit, jadi lebih baik saya menggunakan kata-kata yang sederhana saja. Kita dapat menggunakan sebuah software bantuan / tools untuk mengoptimasi kecepatan photoshop menghilangkan fitur-fitur yang tidak penting yang tidak ingin kita gunakan.

Download di sini